Selasa, 21 Mei 2013

Berjualan Batik

Setelah selesai dengan urusan produksi, barulah memikirkan bagaimana cara memasarkannya. Saat ini berjualan batik secara online menjadi salah satu pilihan. Media online saat ini menjadi salah satu penyebar informasi yang sangat bagus, termasuk untuk memasarkan jualan kita.  Pemasaran suatu produk  lebih menguntungkan lewat media online karena informasi yang disajikan bisa menyebar dengan cepat apabila di pasarakan lewat internet, dalam hal ini misalnya dengan menggunakan akun facebook. Namun memulai usaha jualan batik secara online pun perlu dilakukan beberapa hal, dantaranya :


1. Berjualan secara online menampilkan jualan berupa foto. Jadi fotolah produk jualan sebagus dan seindah mungkin. Seorang pembeli yang berminat membeli produk kita, yang pertama kali dilakukan adalah melihat tampilan foto jualan kita. Bila tampilan foto bagus, pembeli akan tertarik dan tentunya akan berlanjut dengan melihat-lihat produk jualan kita. Bila tampilan foto tidak bagus dan tidak menarik, jangan harap pembeli akan merasa tertarik. Walaupun kita bukan seorang fotographer profesional, namun bila kita serius ingin berjualan secara online, kita harus bisa memotret jualan kita sebagus mungkin. Tidak punya kamera canggih, dengan hp dan bb pun bisa menghasilkan foto yang bagus. Usahakan pemotretan diluar ruangan dan dalam kondisi cuaca yang sedang cerah sehingga hasil pemotretan akan lebih bagus hasilnya.
2. Setelah selesai bagian pemotretan, saatnya memasukan foto-foto jualan kita. Berikan keterangan atau informasi  produk jualan kita sedetail mungkin sehingga pembeli yang berminat membeli tidak akan banyak bertanya lagi, cukup dengan membaca keterangan yang ditampilkan pada masing-masing produk jualan kita.
3. Setelah mengetahui barang yang mereka akan beli,   para pembeli biasanya suka ingin tahu sistem pemesanan dan sistem pembayaran ketika mereka akan membeli produk kita.  Jadi kita  harus memberitahukan  sistem pemesanan dan pembayaran secara mudah dan jelas.
4. Setelah selesai melakukan pemesanan, selanjutnya adalah tahap pembayaran. Pada tahap ini para pembeli biasanya lebih suka memilih bank yang cukup familiar dengan mereka yang  digunakan untuk mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran barang yang telah mereka pesan. Jadi kita sebaiknya sebagai pemilik toko online harus memiliki rekening bank yang dikenal baik oleh pembeli.

Berbeda dengan berjualan secara online, berjualan secara offline tentunya membutuhkan tempat yang cukup nyaman untuk menampilkan produk jualan kita. Namun bila kita ingin memasarkan jualan kita lebih cepat, artinya tidak hanya menunggu pembeli yang datang ke tempat kita, kita lah yang mendatangi pembeli dan menawarkan produk jualan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar