Selasa, 03 Desember 2013

Secangkir Kopi






Pernah merasakan lesu dan malas mengerjakan apapun saat bangun pagi? Maunya tidur-tiduran saja atau duduk berleha-leha saja. Sambil melamun dan berkhayal. Itu pekerjaan yang menyenangkan. Namun tak akan ada yang bisa mendapatkan sesuatu hanya dengan duduk melamun dan berkhayal, kecuali para pengarang yang ide-idenya bermunculan justru pada saat tengah melamun dan berkhayal, itu yang saya rasakan saat saya sedang menulis cerita anak-anak kesukaan saya... hehe..




Bila lesu dan malas sedang datang mengganggu, jangan dituruti. Rencana kegiatan kita akan amburadul bila kita menuruti keinginan si lesu dan si malas ini. Ada cara yang sederhana yang membuat lesu dan malas ini mendadak buyar, setidaknya ini yang saya rasakan. 

Ambil cangkir dan pisinnya. Taruh sesendok atau dua sendok kopi hitam kedalam cangkir. Beri gula secukupnya. Seduh dengan air mendidih. Kucek-kucek hingga kopi dan gula menyatu. 

Duduklah ditempat yang nyaman. Bisa dikursi didepan rumah, di teras samping, atau duduk dibelakang rumah sambil memperhatikan tanaman. 

Hirup kepulan asap yang keluar dari seduhan kopi. Harum dan segar. Saat itu juga sedikit dari semangat kita yang hampir lenyap akan datang kembali. Itu belum cukup. Semangat yang datang belum sepenuhnya datang kembali. Nah, saatnya menikmati kopi yang sudah kita seduh itu. Hirup kopi itu pelan-pelan, lalu hirup lagi, sedikit demi sedikit hingga secangkir kopi hitam itu habis… 

Saat itulah kita akan merasakan bahwa lesu dan malas mendadak menyingkir dari tubuh kita. Dan kita merasakan kembali semangat. Segera mandi (kalau belum mandi). Lihat keluar sana. Dan pada saat itu kita merasakan semangat itu sudah berkumpul kembali dalam tubuh kita…. Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar