Selasa, 03 Desember 2013

Ngebon sayuran di pot





Musim hujan sudah tiba lagi. Selama musim kemarau, sehari saja lupa menyiram tanaman di pot, tanaman sudah kelihatan lesu (itu menurut penglihatan saya… hehe). Nah, saat musim hujan tiba, rasanya air melimpah dimana-mana, maklum pagi-pagi sudah hujan, siang cerah sedikit, mendung dan tak lama kemudian menjelang sore hujan sudah turun lagi. Semula gerimis, lama-lama menjadi hujan lebat. Air mengalir dimana-mana. Dari atap rumah hingga selokan. 





Biasanya kalau musim hujan tiba, yang ada dalam pikiran adalah menyiapkan makanan dan minuman yang dinikmati pas musim hujan tiba. Entah kenapa, tumben musim hujan kali ini bukan makanan dan minuman yang berseliweran dipikiran saya. Tapi beragam tanaman yang menghasilkan yang bisa ditanam mumpung musim hujan sudah tiba. 






Tanaman apa ya kira-kira yang bisa ditanam? Terpikir tomat, bawang daung, seledri, surawung, cabe, cengek dan beragam sayuran lainnya. Dimana menanamnya? Lahan didepan rumah sudah kurang luas. Tentunya pot yang jadi pilihan. 







Mulailah mengumpulkan pot-pot dan mengisinya dengan tanah. Dimana mendapatkan tanamannya? Ternyata kulkas adalah jawabannya. Saya mengambil beragam macam sayuran dan mulai menanam sayuran-sayuran itu kedalam pot-pot sambil berpikir apakah cara menanam ini sudah benar? Daun bawang untuk memasak langsung berpindah kedalam pot. Cabe yang mongering, segera diambil bijinya dan disebarkan didalam pot. Ada tukang sayur lewat : Mang, ada seledri? Jadilah seledri yang dibeli mendadak dari tukang sayur menjadi daftar tambahan pengisi pot. 






Kebetulan ada surawung yang sudah ditanam ditanah, jadilah dipindahkan kedalam pot. Begitu juga tomat dan cengek. 
Puas sih melihat beberapa jejeran pot yang sudah terisi dengan beragam macam sayuran, tapinya itu belum cukup.











Pucuk dicinta ulam tiba. Petugas kebersihan di kantor sangat gemar menanam beragam sayuran. Dan dengan baik hatinya memberi saya tanaman-tanaman yang akan melengkapi koleksi berkebun saya. Lagi-lagi ada tanaman cengek. Ada sosin, Ada kangkung. Ada bayam. Kegiatan berkebun jadi lumayan hasilnya. Belum seminggu tapi tanaman-tanamannya sudah tinggi…. Hehe… Kalau sudah rejeki engga akan kemana. Mudah-mudahan masih tetap bersemangat berkebun di pot, bukan hanya hobi sesaat saja…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar