Rabu, 16 Maret 2022

Lotek langganan. Bumbunya ledok dan loteknya mantaf...



Lotek langganan yang bumbunya sangat ledok

Bagi orang Sunda lotek merupakan makanan khas Sunda yang sudah tidak asing lagi. Lotek dengan bumbu kacang, cabe rawit, gula merah, terasi, cikur, bawang putih, diulek halus, lalu dicampur dengan rebusan sayuran yang terdiri dari kangkung, waluh, toge, genjer dan rebusan sayuran segar lainnya. Kadang kala, lotek ditambah dengan kerupuk yang ditumbuk bersama dengan sayuran atau jug ditambah dengan lontong. Rasanya jelas enak dan penggemar lotek sepertinya tidak pernah berkurang, dimana ada tukang lotek, disitu ada pembeli yang setia menunggu penjual loteknya mengulek bumbu lotek.

Salah satu penjual lotek langganan saya tempat mangkalnya di Kaum, dekat Alun-alun Sumedang. Bumbu loteknya sangat ledok dan lezat. Hampir setiap kali saya kesana selalu saja antri menunggu. Banyak pembeli yang makan ditempat, ada meja dan bangku disana. Namun banyak juga yang membeli untuk dibawa pulang.

Jaman terus berubah. Banyak makanan-makanan baru yang dibuat dan didikreasikan, namun keberadaan lotek sepertinya tidak tergerus oleh jaman dan oleh keberadaan beragam makanan modern. Bagi saya lotek adalah makanan khas Sunda yang enak. Bisa dimakan langsung, bisa juga sebagai teman nasi. Dan lotek pesanan saya biasanya cabe rawitnya segenggam karena saya penggemar lotek pedas manis.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar