Selasa, 03 Juli 2012

Jalan-jalan Akhir Tahun 2011




Jalan-jalan akhir tahun 2011

Akhir tahun kemarin jalan-jalan lagi ke Jogyakarta, juga ke Solo dan Pekalongan. Cukup lama rasanya saya tak pernah lagi mengunjungi kota gudeg itu. Jogyakarta tetap memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Suasananya dan juga kulinernya. Bikin betah dan bikin kangen untuk bisa datang lagi. Bahkan naik becak di Jogya pun rasanya berbeda bila naik becak di Sumedang padahal sama-sama namanya becak. Mungkin karena suasana di Jogya berbeda dengan di Sumedang.

Berangkat dari Sumedang pagi-pagi, mampir dulu ke Pekalongan menemui salah seorang teman untuk membicarakan batik. Perjalanan kemudian dilanjutkan kembali menuju Jogyakarta. Dan dijalan, entah ini dimana lupa lagi, mampir di rumah makan yang menyediakan bebek bakar.. Bebek bakar salah satu makanan favoriet saya... Dan bebek bakar yang disajikan di rumah makan yang saya singgahi memang rasanya lezat sekali ditambah dengan lalapan segar dan sambal hijaunya yang pedas banget.... hemmm...



Sepanjang jalan menuju Jogyakarta dilanda macet dimana-mana.. Maklum banyak yang berlibur akhir tahun ke Jogyakarta, Semarang, Solo... Antrian kendaraan panjang terjadi dimana-mana...Dinikmati saja. Saat ini bertemu dengan kemacetan adalah hal biasa..



Tiba di Jogyakarta sudah cukup malam. Langsung masuk hotel. Tak sempat lagi menikmati suasana diluar hotel karena tubuh rasanya lelah dan ingin langsung beristirahat. Berkendaraan hampir 12 jam perjalanan membuat badan terasa lelah dan pegal.... Mandi adalah hal yang paling menyenangkan setelah berkendaraan sepanjang hari... dan langsung tidur...




Pagi-pagi tubuh terasa segar. Dan perut pun mulai terasa lapar. Belum ke Jogya kalo belum menikmati nasi gudegnya... Pagi itu saya langsung mencari tempat makan yang menyediakan nasi gudeg. Tidak sulit mencarinya karena banyak tempat-tempat makan yang menyediakan nasi gudeg... Nasi gudeg lengkap dengan telur dan segelas teh manis terasa mengenyangkan...









Naik becak keliling-keliling kota Jogya adalah pilihan saya. Naik becak  menikmati suasana kota Jogya  yang padat dan rame ternyata sangat asyik juga... Saya mencarter tukang becak kebeberapa tempat yang saya ingin kunjungi.  Dan berbelanja ke pasar Beringharjo adalah yang paling saya suka karena bisa mendapatkan banyak barang yang saya inginkan, juga untuk oleh-oleh. Saya membeli beberapa lembar batik yang cukup sulit saya peroleh motifnya di Sumedang... Jogyakarta kota yang penuh pesona dan selalu membuatku ingin menikmati liburan kesana lagi.....








Berwisata ke Jawa Tengah tentu saja tak lupa mengunjungi candi Borobudur. Walaupun saya tidak kuat menaiki tangganya dan nafas rasanya berat sekali, namun saya masih sempat berfoto-foto disekitar lokasi sambil memperhatikan orang-orang disekitar saya yang lalu lalang naik turun tangga....


 




Saat mengunjungi keraton Surakarta, bertemu Gusti Putri, dan berkesempatan berfoto bersama... senangnya... 
Dan pastinya, liburan ke Jogyakarta tidak akan pernah bosan walaupun sudah berkunjung berkali-kali....  
 
Mampir ke pasar klewer dan membeli beberapa buah batik untuk dibawa pulang ke Sumedang..

 
 
 
 
 Jalan-jalan akhir tahun ke Jogya, berkesempatan pula mampir ke Pekalongan dan bertemu salah seorang teman untuk membicarakan batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar